Mata Pelajaran :Sains Untuk Anak Usia Dini
Jenjang/Kelas/Smt. :PAUD/ Usia 4-6 Tahun/ I
Kompetensi Dasar 3.6-4.6
Topik/Judul : Percobaan Terapung dan Tenggelam
Penulis : Nurhayati
Pengkaji Materi : Kartaria Fitri Dini
Topik/Judul : Percobaan Terapung dan Tenggelam
Penulis : Nurhayati
Pengkaji Materi : Kartaria Fitri Dini
Pengkaji Media :Tatang Kurniawan
A. PENDAHULUAN
Disekitar kita terdapat banyak benda atau barang. Contohnya, di halaman sekolah, kita dapat melihat mainan, batu, kayu, daun, plastik, dsb.
Keterangan gambar:
Foto halaman Sekolah
Sumber: foto pribadi
B. INDIKATOR KOMPETENSI
Setelah menonton video animasi ini, diharapkan anak dapat:
1. Mengenal benda – benda di sekitar berdasarkan ukuran (besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan).
2. Melakukan percobaan terapung tenggelam
3. Mengenal konsep mengapung dan tenggelam
4. Mengelompokan benda berdasarkan ukuran dan sifatnya
C. URAIAN MATERI
1. Benda berdasarkan ukuran
Benda yang wujudnya padat ada yang ukurannya besar dan ada yang kecil. ada yang panjang, ada yang pendek, ada yang ringan dan ada yang berat.
Keterangan gambar:
benda berdasarkan ukuran
batu, ranting kayu (besar kecil), daun (panjang-pendek), batu dan bulu (berat ringan)
Sumber:
http://timratuadil.blogspot.com/2016/08/breaking-news-16-batu-besar-bentuk.html
https://www.pngdownload.id/png-1pu0s6/
https://umma.id/article/share/id/1002/287954
https://kiyanti2008.wordpress.com/author/kiyanti2008/page/46/
2. Percobaan memasukan benda ke dalam air
Siapkan air dan wadah bening, serta benda – benda yang dapat ditemui di sekitar dengan berbagai ukuran, seperti daun, batu, ranting kayu, plastik, kertas, dsb.
Apa yang terjadi jika benda tersebut dimasukkan ke dalam air?
Keterangan video:
percobaan nmemasukan benda ke dalam air
Sumber: https://youtu.be/ZiZ2R9rlGLk (video pribadi)
3. Konsep Terapung dan Tenggelam
Benda – benda yang dimasukan ke dalam air. ada yang diatas dan ada yang dibawah.
Benda-benda yang ada di dalam air dan ada yang bagiannya keatas, kita sebut dengan mengapung. Benda – benda yang ada di dalam air dan bagiannya di bawah, disebut dengan tenggelam.
Keterangan gambar:
Konsep Terapung dan Tenggelam
Sumber:
Foto pribadi
https://slideplayer.info/slide/12331810/
4. Mengelompokkan benda yang terapung dan yang tenggelam
Sekarang kita dapat mengelompokan benda apa saja yang terapung, dan benda mana saja yang tenggelam.
o Benda apa saja yang terapung?
o Benda apa saja yang tenggelam?
o Apakah benda besar saja yang tenggelam?
o Apakah ada benda kecil yang tenggelam?
Benda yang terapung Benda yang tenggelam
Keterangan gambar:
Benda terapung dan benda tenggelam
Sumber:
foto pribadi
D. LATIHAN
Anak praktek langsung percobaan terapung dan tenggelam dengan benda – benda lainnya.
E. TES
· Soal pilihan ganda dengan gambar,
· jumlah soal 2
· opsi jawaban 2 (dengan gambar)
Contoh soal:
1. Tunjuk gambar telur yang mengapung.
2. Mana benda yang dapat tenggelam?
batu bola
F. REFERENSI
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2015, Buku Pedoman Pembelajaran Kurikulum2013 Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
http://duniaanakbalita.blogspot.com/2014/01/pembelajaran-tenggelam-dan-terapung.html
https://core.ac.uk/download/pdf/78030512.pdf
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/viewFile/7341/3632
A. PENDAHULUAN
Disekitar kita terdapat banyak benda atau barang. Contohnya, di halaman sekolah, kita dapat melihat mainan, batu, kayu, daun, plastik, dsb.
Keterangan gambar:
Foto halaman Sekolah
Sumber: foto pribadi
B. INDIKATOR KOMPETENSI
Setelah menonton video animasi ini, diharapkan anak dapat:
1. Mengenal benda – benda di sekitar berdasarkan ukuran (besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan).
2. Melakukan percobaan terapung tenggelam
3. Mengenal konsep mengapung dan tenggelam
4. Mengelompokan benda berdasarkan ukuran dan sifatnya
C. URAIAN MATERI
1. Benda berdasarkan ukuran
Benda yang wujudnya padat ada yang ukurannya besar dan ada yang kecil. ada yang panjang, ada yang pendek, ada yang ringan dan ada yang berat.
Keterangan gambar:
benda berdasarkan ukuran
batu, ranting kayu (besar kecil), daun (panjang-pendek), batu dan bulu (berat ringan)
Sumber:
http://timratuadil.blogspot.com/2016/08/breaking-news-16-batu-besar-bentuk.html
https://www.pngdownload.id/png-1pu0s6/
https://umma.id/article/share/id/1002/287954
https://kiyanti2008.wordpress.com/author/kiyanti2008/page/46/
2. Percobaan memasukan benda ke dalam air
Siapkan air dan wadah bening, serta benda – benda yang dapat ditemui di sekitar dengan berbagai ukuran, seperti daun, batu, ranting kayu, plastik, kertas, dsb.
Apa yang terjadi jika benda tersebut dimasukkan ke dalam air?
Keterangan video:
percobaan nmemasukan benda ke dalam air
Sumber: https://youtu.be/ZiZ2R9rlGLk (video pribadi)
3. Konsep Terapung dan Tenggelam
Benda – benda yang dimasukan ke dalam air. ada yang diatas dan ada yang dibawah.
Benda-benda yang ada di dalam air dan ada yang bagiannya keatas, kita sebut dengan mengapung. Benda – benda yang ada di dalam air dan bagiannya di bawah, disebut dengan tenggelam.
Keterangan gambar:
Konsep Terapung dan Tenggelam
Sumber:
Foto pribadi
https://slideplayer.info/slide/12331810/
4. Mengelompokkan benda yang terapung dan yang tenggelam
Sekarang kita dapat mengelompokan benda apa saja yang terapung, dan benda mana saja yang tenggelam.
o Benda apa saja yang terapung?
o Benda apa saja yang tenggelam?
o Apakah benda besar saja yang tenggelam?
o Apakah ada benda kecil yang tenggelam?
Benda yang terapung Benda yang tenggelam
Keterangan gambar:
Benda terapung dan benda tenggelam
Sumber:
foto pribadi
D. LATIHAN
Anak praktek langsung percobaan terapung dan tenggelam dengan benda – benda lainnya.
E. TES
· Soal pilihan ganda dengan gambar,
· jumlah soal 2
· opsi jawaban 2 (dengan gambar)
Contoh soal:
1. Tunjuk gambar telur yang mengapung.
2. Mana benda yang dapat tenggelam?
batu bola
F. REFERENSI
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2015, Buku Pedoman Pembelajaran Kurikulum2013 Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
http://duniaanakbalita.blogspot.com/2014/01/pembelajaran-tenggelam-dan-terapung.html
https://core.ac.uk/download/pdf/78030512.pdf
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/viewFile/7341/3632
Tidak ada komentar:
Posting Komentar