Rabu, 29 April 2020

Percobaan Terapung dan Tenggelam





Mata Pelajaran :Sains Untuk Anak Usia Dini 

Jenjang/Kelas/Smt. :PAUD/ Usia 4-6 Tahun/ I

Kompetensi Dasar 3.6-4.6

Topik/Judul : Percobaan Terapung dan Tenggelam

Penulis               : Nurhayati

Pengkaji Materi : Kartaria Fitri Dini
Pengkaji Media  :Tatang Kurniawan



A. PENDAHULUAN

Disekitar kita terdapat banyak benda atau barang. Contohnya, di halaman sekolah, kita dapat melihat mainan, batu, kayu, daun, plastik, dsb.











Keterangan gambar:

Foto halaman Sekolah

Sumber: foto pribadi



B. INDIKATOR KOMPETENSI

Setelah menonton video animasi ini, diharapkan anak dapat:

1. Mengenal benda – benda di sekitar berdasarkan ukuran (besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan).

2. Melakukan percobaan terapung tenggelam

3. Mengenal konsep mengapung dan tenggelam

4. Mengelompokan benda berdasarkan ukuran dan sifatnya


C. URAIAN MATERI


1. Benda berdasarkan ukuran

Benda yang wujudnya padat ada yang ukurannya besar dan ada yang kecil. ada yang panjang, ada yang pendek, ada yang ringan dan ada yang berat.









Keterangan gambar:

benda berdasarkan ukuran

batu, ranting kayu (besar kecil), daun (panjang-pendek), batu dan bulu (berat ringan)

Sumber:

http://timratuadil.blogspot.com/2016/08/breaking-news-16-batu-besar-bentuk.html

https://www.pngdownload.id/png-1pu0s6/

https://umma.id/article/share/id/1002/287954

https://kiyanti2008.wordpress.com/author/kiyanti2008/page/46/


2. Percobaan memasukan benda ke dalam air

Siapkan air dan wadah bening, serta benda – benda yang dapat ditemui di sekitar dengan berbagai ukuran, seperti daun, batu, ranting kayu, plastik, kertas, dsb.

Apa yang terjadi jika benda tersebut dimasukkan ke dalam air?











Keterangan video:

percobaan nmemasukan benda ke dalam air

Sumber: https://youtu.be/ZiZ2R9rlGLk (video pribadi)


3. Konsep Terapung dan Tenggelam

Benda – benda yang dimasukan ke dalam air. ada yang diatas dan ada yang dibawah.







Benda-benda yang ada di dalam air dan ada yang bagiannya keatas, kita sebut dengan mengapung. Benda – benda yang ada di dalam air dan bagiannya di bawah, disebut dengan tenggelam.



Keterangan gambar:

Konsep Terapung dan Tenggelam

Sumber:

Foto pribadi

https://slideplayer.info/slide/12331810/



4. Mengelompokkan benda yang terapung dan yang tenggelam

Sekarang kita dapat mengelompokan benda apa saja yang terapung, dan benda mana saja yang tenggelam.

o Benda apa saja yang terapung?

o Benda apa saja yang tenggelam?

o Apakah benda besar saja yang tenggelam?

o Apakah ada benda kecil yang tenggelam?



Benda yang terapung Benda yang tenggelam











Keterangan gambar:

Benda terapung dan benda tenggelam

Sumber:

foto pribadi


D. LATIHAN

Anak praktek langsung percobaan terapung dan tenggelam dengan benda – benda lainnya.



E. TES

· Soal pilihan ganda dengan gambar,

· jumlah soal 2

· opsi jawaban 2 (dengan gambar)



Contoh soal:

1. Tunjuk gambar telur yang mengapung.









2. Mana benda yang dapat tenggelam?





batu bola


F. REFERENSI

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.2015, Buku Pedoman Pembelajaran Kurikulum2013 Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

http://duniaanakbalita.blogspot.com/2014/01/pembelajaran-tenggelam-dan-terapung.html

https://core.ac.uk/download/pdf/78030512.pdf

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/viewFile/7341/3632



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar